Cara Merawat Cue Stick Billiard

Hai jumpa lagi di belajar billiard.com blog belajar billiard untuk pemula,  cue stick laksana senjata pembunuh bagi seorang pendekar, hehehe, karena dengan stick pribadinya mampu menumbangkan lawan lawanya, maka tidak salah para master dunia dia akan membawa sticknya kemana dia pergi. 
Kali ini kita akan membahas mengenai cara perawatan stick, apakah sahabat sekalian sudah mempunyai stick pribadi ? nah kalau sudah simak terus artikel ini biar tau gi mana  cara merawat stikc pribadi.
Cara Merawat Cue Stick Billiard
Cue stick pada dasarnya ada 2 jenis di lihat dari bahannya, yakni stick dari bahan kayu dan stick dari bahan fiber. Dari 2 jenis stick itu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing stick fiber biasanya tidak mudah bengkok dan tahan akan panas dan dingin tidak cepat kotor. 
Kelemahannya apabila udah bengkok susah untuk di betulin lagi, untuk cue stick dari bahan kayu tidak tahan terhadap panas dan dingin kalau di simpan di tempat yang panas akan mudah bengkok, apabila kena air mudah bengok, mudah kotor, kalau dah kotor stick jadi kurang enak di pakai , jadi keset atau kurang licin.
Kelebihannya apabila bengkok dapat di betulin lagi, juga dari segi pemakaian lebih enak menggunakan stick kayu, soal harga pun bisa di sesuaikan dengan kemampuan kita.
Kain Pembersih Stick
Kita para penghobby billiard stick merupakan barang berharga kita bisa juga menyebutnya senjata pamungkas kita, hehehe karena dengan stick itu kita menggalahkan lawan lawan kita, maka kita harus pandai merawatnya.
Ok, sahabat pecandu billiard sekalian langsung aja kita ke pokok pembahasan yakni cara merawat stick billiard. Di karenakan saya sendiri dan kebanyakan orang menggunakan stick dari bahan kayu maka di artikel ini yang kita bahas mengenai perawatan stick kayu aja. 
Jagalah jangan sampai stick anda berada dalam keadaan basah ataupun lembab. Stick kayu juga tidak tahan terhadap panas yang berlebih. Panas dan lembab membuat stik jadi bengkok atau baling Stick kayu juga mudah kotor.
Untuk membersihkan disarankan menggunakan produk yang memang khusus dibuat untuk membersihkan shaft, misalnya  cue dokter,Tiger Cleaner, Q Clean, dll. Bisa di beli di tempat billiard atau toko sport. 
Stick kayu juga sering terasa tidak licin karena sering dipakai. hingga tebal dakinya, apa lagi kalau kita sering menggunakan bedak, untuk melicinkan shaf ada produk yang namanya OB shaft cleaning dan Q wiz yang bentuknya seperti ampelas, tinggal mengosok gosokkan di shaft  aja.
Pembersih Stick
Tetapi ada alternatif yang lebih murah yaitu dengan ampelas no 1500 dan alkohol, cara ini selain lebih murah juga mudah mencarinya.
Pertama amplas dulu shaftnya, caranya letakkan stick di paha putar dengan tangan kanan dan tangan kiri pegang stick, ampelas jangan sampai di tekan kuat, kalau kira2 sudah licin  lap pake kain kering biar kotoran nya gak nempel. selanjut nya taroh alkohol di kain kering gosok shaft nya pake kain yang sudah ada alkoholnya.
Dan alternatif lainnya yang lebih mudah, serahkan aja pada ahlinya kita tinggal tau bersihnya aja,  hehehe, kalau di sini bang joko yang biasanya tukang refarasi stick

4 Hal Perawatan Stick Yang Salah

* Jangan lap stick dengan kain basah
* Jangan cuci stick dengan air
* Jangan mengamplas stick dengan ampelas kasar
* Alkohol jangan langsung di tetesin ke shaft
Sampai di sini dulu, lain kali kita sambung lagi tentang bab lain tetapi masih tentang dunia billiard, bagi yang ingin menambahkan  atau mengkoreksi di mohon koment agar bermanfaat bagi orang banyak, terimakasih.
Salam Nyodok